FESTIVAL MASAK LELE

Yogyakarta

Pengunjung Bisa Ikut Pesta Kuliner

Kedaulatan Rakyat, 8 oktober 2011

Sekitar 150 tim akan ikut serta dalam ‘Festival Masak Ikan Lele’ dalam rangka HUT ke-66 SKH Kedaulatan Rakyat yang digelar Minggu (9/10) mulai pukul 08.00 WIB. Selain menyediakan hadiah total Rp 26 juta, pengunjung bisa ikut menikmati pesta kuliner berupa masakan dari lele dengan terlebih dulu mengambil kupon dari panitia saat hari perlombaan.
“Antusiasme masyarakat sangat luar biasa, kami terpaksa menutup pendaftaran peserta lomba karena sudah memenuhi kuota. Kami meminta maaf karena tempat  terbatas sehingga jumlah peserta harus kami batasi,” kata Koordinator Lomba Amien Syarief, Jumat (7/10).
Festival yang akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur DIY dan kepala daerah di DIY, dimeriahkan juga dengan pesta makan ikan lele. 
Dikatakan Amien, tujuan Festival Masak Ikan Lele adalah untuk memasyarakatkan menu ikan lele. Hal ini karena ikan yang mudah didapatkan ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Sementara tingkat konsumsi ikan yang merupakan sumber protein, di Yogyakarta tergolong rendah.
Lebih lanjut Amien mengatakan  pengunjung atau masyarakat yang datang menyaksikan bisa ikut pesta makan ikan lele. Namun terlebih dulu harus mendapatkan kupon yang dibagi panitia.   Dinas Kelautan dan Perikanan akan memasak lele ratusan kilo untuk disantap bersama masyarakat usai lomba. Kegiatan ini digelar Kedaulatan Rakyat bersama Pemkab Bantul dan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, didukung Sub Dinas Perikanan Sleman, Sub Dinas Perikanan Gunungkidul dan Pelem Golek.
Panitia menyediakan hadiah uang total Rp 26 juta untuk dua kategori yaitu Kategori Umum dan Kategori Profesional. Untuk Kategori Umum, Juara I Trofi Gubernur DIY, uang tunai Rp 5 juta, Juara II Trofi Walikota Yogya (Rp 3,5 juta). Juara III Trofi Bupati Sleman (Rp 2,5 juta), Juara Harapan I Trofi Bupati Gunungkidul (Rp 1,5 juta). Juara Favorit (Rp 1 juta).
Pemenang Kategori Profesional Juara I Trofi Menteri Kelautan, (Rp 5 juta), Juara II Trofi Bupati Bantul  (Rp 3,5 juta). Juara III Trofi Bupati Kulonprogo (Rp 2,5 juta). Serta 1 Juara Harapan mendapatkan Trofi Dinas Kelautan DIY (Rp 1,5 juta).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *