Yogyakarta Gamelan Festival 2012, The International Gathering of Gamelan Players and Gamelan Lovers

Berita Bahagia untuk para penggemar musik gamelan, Di usianya yang ke-17 tahun Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) kembali menyapa. Seperti halnya remaja berusia 17 tahun yang mulai ranum dan matang, begitu pun Yogyakarta Gamelan Festival(YGF) pada kesempatan kali ini tampil semakin matang di tangan para musisi yang membawakan gamelan dalam rupa yang semakin bervariasi. Gayam 16 yang selalu konsisten untuk mengangkat gamelan sebagai wujud kepedulian atas eksistensi musik tradisional di ruang modernisasi.

Bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjo Soemantri UGM, yang dahulu bernama Purna Budaya UGM, Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-17akan digelar dengan tampilan yang jauh lebih menarik dari sebelumnya. Karena seperti halnya manusia yang senantiasa berkembang, YGF pun terus mengembangkan diri semakin baik dari waktu ke waktu. YGF ke-17 bersiap menjadi wahana di mana batas-batas yang dibuat oleh manusia akan pupus. Alasannya hanya satu, Gamelan menjadi satu-satunya alasan mengapa setiap orang dengan setiap perbedaannya berkumpul menjadi satu dan sejenak melebur dan melupakan perbedaan mereka satu sama lain.

Komunitas Gayam 16 dengan totalitasnya membuat rangkaian grand design yang mengiringi sejak awal langkah-langkah perjalanan YGF. Grand design ini kemudian menjadi sumber inspirasi untuk memberi nyawa dalam setiap penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival. Nyawa itu lambat laun dikenal sebagai tema. Di usianya yang ke-17, tema dari penyelenggaran kali ini adalah WHY atau MENGAPA. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Gayam 16 mengemas Yogyakarta Gamelan Festival tidak hanya sebagai sebuah rangkaian pertunjukan musik melainkan juga mengajak kita untuk kembali untuk berdialog dengan diri kita masing-masing atas pilihan-pilihan yang kita buat dan salah satu pilihan tersebut adalah gamelan. Kita diajak untuk merenungkan kembali, Mengapa Gamelan. Sebuah pertanyaan yang berakar dari, Mengapa seseorang rela meluangkan waktu untuk menghadiri pementasan gamelan dan kenapa sebuah komunitas bersusah payah untuk menyelenggarakannya setiap tahun. Tema ini diangkat sebagai sebuah upaya untuk menggali esensi mengenai bagaimana keberadaan Yogyakarta Gamelan Festival memiliki ruang istimewa tersendiri dari para penikmatnya.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Gayam 16 kembali mengemas pementasan Yogyakarta Gamelan Festival dengan rangkaian yang berupaya menggambarkan bagaimana musik gamelan saat ini telah bermetamorfosis dalam perkembangan jaman.
Kehadiran musisi-musisi muda pada ulang tahun YGF yang ke-17 ini diharapkan mampu memberikan warna baru & penyegaran bagi gamelan lovers. Bahkan di tengah maraknya pemberitaan klaim terhadap budaya nusantara tak menyurutkan Malaysia untuk datang ke Yogyakarta & tampil dalam YGF yang ke-17. Dari USA, Pamekasan hingga Kulon Progo pun tak ketinggalan akan menampilkan karya-karya terbaiknya. Dengan melintasi perbedaan jaman, kembali generasi muda turut andil sebagai penampil dengan skill yang tidak kalah dengan generasi pendahulunya.

Beralasan romantisme terlahirnya Yogyakarta Gamelan Festival, acara yang akan dilaksanakan sejak 5-7 Juli 2012 nanti akan diselenggrakan di Gedung Purna Budaya (sekarang bernama Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjo Soemantri). Di gedung inilah YGF mengawali usianya. Di dukung musisi-musisi seluruh nusantara, seperti alm. Ben Pasaribu, alm. Inisisri dkk, selama tujuh tahun YGF menyelenggarakan pergelaran di gedung ini sebelum akhirnya menetap di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Acara yang akan dimulai pukul 20.00 ini masih konsisten menghadirkan sajian khas YGF yang terbuka untuk umum tanpa ada pungutan biaya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Komunitas Gayam16 juga tetap membuka Friend of YGF bagi gamelan lovers yang peduli akan keberlanjutan acara ini sebagai wujud pemeliharaan terhadap budaya nusantara.

Gayam 16 dengan sebuah harapan yang sederhana berupaya untuk menjabarkan kompleksitas atas harapan setiap pribadi yang menjadi penikmat setia musik gamelan khususnya dalam pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival. Pada akhirnya, melalui pagelaran ini Gayam 16 memiliki harapan setiap pecinta musik gamelan menemukan jawaban atas pertanyaan MENGAPA gamelan, bukan yang lain.

Informasi selengkapnya mengenai acara ini, silakan menghubungi :

Gayam16 Community
Telp. (0274) 7477717
Email: secret_g16@gmail.com
Facebook: www.facebook.com/YogyakartaGamelanFestival
Twitter: www.twitter.com/Gayam16
Website: www.gayam16.org

Disadur dari: http://www.oktomagazine.com/whatson/festival/902-17th-yogyakarta-gamelan-festival-2012

Leave a Comment

Your email address will not be published.