Pembukaan FKY

pembukaan  FKY

 

FESTIVAL Kesenian Yogyakarta (FKY) XXIII akan dibuka Gubernur DIY Sultan HB X, di Plengkung Gading, Minggu (26/6) pukul 14.30 WIB. Ini kali pertama Gubernur DIY membuka sebuah acara di Plengkung Gading. Akses jalan menuju Plengkung Gading juga akan ditutup pada beberapa titik mulai Sabtu (25/6) pukul 22.00 WIB.
Art Director RM Kristiadi, di Benteng Vredeburg Rabu (22/6) mengatakan, acara ini melibatkan 100 penari SMA yang akan menampilkan Tari Gunung dan Samodra dengan koreografer Oki Kusmalinda (ISI Yogya) dan Endang Setya (SMKI). Keseratus penari ini juga akan membagikan 5 ribu peluit bambu kepada semua penonton yang hadir dan ditiup serempak.
“Sultan juga akan memotong tumpeng setinggi 10 meter dan di dalamnya ada 100 burung. Setiap kabupaten kota juga akan berpartisipasi pada parade seni. Acara semakin afdol dengan pembacaan doa oleh sepasang anak kembar diiringi Indonesia Pusaka. Dilanjutkan musik dari Polda,” jelasnya. Ada pula penyerahan Maskot Emas kepada 8 seniman seperti Kartika Afandi, Bondan Nusantara, Nasirun, Hari Leo, Whani Darmawan, Pardiman Djojonegoro, Ki Catur ‘Benyek’ Kuncoro dan Anter Asmorotedjo.
Acara dilanjutkan hingga malam hari dengan pentas tari klasik dan kontemporer. Ada pula seni interaksi yang melibatkan penonton seperti body painting dan lukis wajah. Ditutup dengan pesta kembang api.

sumber: http://www.kr.co.id/

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.