Malioboro Khusus bagi Pejalan Kaki pada Malam Tahun Baru Nanti

yogyakarta

(Agenda Jogja) Seperti pada malam pergantian tahun sebelumnya, Kawasan Malioboro hampir diapstikan akan dipadati oleh ribuan manusia. Oleh karena itu Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadikan jalan Malioboro sebagai jalur khusus pejalan kaki. “Puncaknya, saat terjadi pergantian tahun di Malioboro yang ada hanya pejalan kaki,”kata Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Bambang Sukmo Wibowo.Kantong parkir kendaran roda empat disiapkan di beberapa tempat seperti Parkir Abu Bakar Ali, Parkir Senopati, Parkir Ngabean, Parkir di seputaran Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, Parkir Kedaung. “Termasuk Jalan Mangkubumi sisi Barat akan digunakan sebagai jalur parkir jika kantong parkir penuh,”katanya. Sedangkan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan secara bertahap menjadi tiga sesi. Dari pukul 19.00 WIB untuk kendaraan berukuran besar seperti bus, dilanjutkan pukul 22.00 WIB untuk kendaraan berukuran sedang seperti kendaraan pribadi.“Puncaknya pada pukul 23.00 WIB atau satu jam sebelum pergantian tahun seluruh kendaraan tidak boleh masuk menuju jalur Malioboro,”imbuhnya.Selama proses pengalihan arus, kendaraan tidak diperkenankan masuk menuju jalur utama di kawasan Malioboro. Kendaraan hanya diperbolehkan menggunakan lajur jalan jalur penyangga dari Jalan Mataram, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Suryotomo, Kleringan, Jalan Bhayangkara dan Jalan Sultan Agung.
“Untuk itu kami menyarankan untuk parkir lebih awal dikantong parkir, jika ingin masuk menuju kawasan Malioboro,”terang jebolan akpol 1999 itu.
Direktur Lalu Lintas Polda DIY AKBP Bambang Pristiwanto menambahkan, kebijakan itu diambil belajar dari tahun lalu. Kawasan Malioboro sudah berhenti total sekitar satu jam sebelum perpindahan tahun.
“Kami tetap menyarankan agar pengguna jalan parkir lebih awal. Kendaraan tidak akan bisa masuk ke Malioboro hingga sekitar pukul 01.00, setelah proses penguraian jalur,”imbuhnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply