Hari Pertama Tahun 2012, Yogyakarta Hujan Lebat

yogyakarta

(Agenda Jogja) 1 Januari, hujan lebat mengguyur kota Jogja dan sekitarnya. Hingga membuat tiga sungai besar yang membelah kota Jogja meluap, tidak mampu menahan debit air, warga di bantaran kali pun terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Ketiga sungai besar tersebut adalah Code, Winongo, dan Gajah Wong.“Di Kampung Jagalan Code, air sudah masuk rumah warga setinggi lutut. Kenaikan terjadi sekitar pukul 18.15.” terang Darsam,Ketua RW 1 Kampung Code Utara.

yogyakarta

Sementara di wilayah Jogoyudan, hingga pukul 18.45, keadaan masih aman. Ketinggian air telah sama dengan talud yang lama. “Ketinggian air naik sekitar 1,5 meter dibandingkan keadaan normal,” tambahnya.Walau demikian, ia mengaku, keadaan masih terus diwaspadai. Pasalnya, hujan di seputar lereng Merapi belum turun.
Sementara menurut Camat Tegalrejo Mardjuki, di sepanjang Winongo, terjadi luapan. Kali Buntung yang merupakan percabangan Sungai Winongo juga ikut meluap. Warga dari RW 08 dan 09 di Kali Buntung diungsikan di titik evakuasi yang sudah ada. “Ketinggian air disini mencapai 30 senti,” ujarnya singkat.
Di Sungai Gajah Wong, luapan terjadi di sekitar RT 36/RW 09 kelurahan pandeyan. Sementara di kawasan Pakuncen rumah no 301 di kampung Ledoksari terendam air setinggi pinggang orang dewasa.
Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono menyatakan telah memerintahkan seluruh camat dan lurah yang terlewati aliran ketiga sungai untuk terjun ke lapangan. Melalui pesan singkatnya, ia mengaku pihaknya akan mengucurkan anggaran dari pos dana tak terduga untuk memberikan santunan korban banjir.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply