Gelaran Grebeg Besar IDUL ADHA di Keraton Yogyakarta

Hari Raya idul Adha sudah di depan mata. Dalam merayakan  hari raya Idul Adha atau hari raya qurban esok hari, Keraton Yogyakarta akan menggelar Grebeg besar yang akan berlangsung pada jumat mendatang.

Grebeg besar ini diselenggarakan pada hari raya Idul adha dalam bulan Zulhijah atau pada kalender jawa di sebut Bulan Besar, acara ini berlangsung di alun alun utara atau depan keraton Yogyakarta

Dalam grebeg besar ini pihak Keraton membawa Gunungan yang menjadi ciri khas upacara grebeg keraton Yogyakarta yang menandakan kemakmuran keraton Yogyakarta dan kemudian di bagikan kepada rakyat

Acara ritual Grebeg Besar Idul Adha ini diawali dengan keluarnya iringan pasukan keraton Yogyakarta yang terdiri dari prajurit Wirobrojo, Ketanggung, Bugis, Daeng, Patangpuluh, Nyutro. Mereka mengenakan seragam dan atribut beraneka warna sambil membawa senjata tradisional tombak, keris, serta senapan kuno.

Di belakang pasukan keraton selanjutnya iring-iringan gunungan Grebeg Besar Idul Adha. Gunungan itu ada empat yakni gunungan lanang (laki-laki), gunungan wadon (perempuan), gunungan gepak, dan gunungan pawuhan.

Gunungan  yang keluar dari keraton Yogyakarta kemudian di doakan lebih dulu di Masjid Gedhe Kauman  di perebutkan masyarakat .

Menurut kabag Humas  DIY Kuskasriati mengatakan acara bertepatan hari jumat  maka Grebeg besar Idul Adha ini rencananya setelah melaksanakan sholat Jumat. ” Rencananya acara grebeg besar ini dilaksankan setelah sholat jumat ” tuturnya di kepatihan selasa (/10/23 )

Jika Anda berada di Jogja pada hari jumat mendatang, tak ada salahnya ikut menyaksikan acara ritual ini. selain ikut meramaikan Anda juga bisa menikmati acara budaya yang tidak ada di semua tempat.

Disadur dari: http://ramanews.com/?p=4046

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply