APJI Jadikan Bantul Pusat Kuliner Yogyakarta

BANTUL (KRjogja.com) – Banyaknya pusat kuliner terkenal di Kabupaten Bantul, membuat Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Idonesia (APJI) Bantul bertekad menjadi wilayah ini sebagai pusat kuliner di DIY. Hal ini tentu akan membawa angin segar bagi para pegusaha kuliner di Bantul untuk berkembang dan meningkatkan produktivitasnya.

“Selama ini Bantul banyak potensi menggiurkan yang dapat menjadi ilkon pendapatan daerah. Salah satunya menjadi beberapa pusat kuliner yang terkenal. Hal ini menjadi potensi yang harus diharap dan dikembangkan,” ungkap Hj Istiatun Ismartoyo, Ketua DPC APJI Bantul periode 2008-2009 kepada KRJogja.com di sela-sela Muscab DPC APJI Bantul di Omah Kampung Jalan Bantul Km 9,2 Bantul, Rabu (07/05/2014).

Disebutkan, pusat kuliner di Bantul yang cukup terkenal di antaranya sate klatak, mie des dan beberapa pusat kuliner tradisional lainnya. Tetapi hingga kini banyak pengusaha kuliner atau pengusaha di bidang jasa boga belum masuk ke APJI. Harapan ke depan setelah kepengurusan baru terbentuk akan mampu merekrut anggota baru untuk mengembangkan kulier di Bantul.

Hingga kini, pengusaha di bidang boga dan kuliner yang masuk ke APJI ada sekitar 60 pengusaha. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding pengusaha yang belum bergabung. Untuk itu Istiatun mengimbau pengusaha dibidang boda maupun kulir jangan takut dan sungkan bergabung ke APJI Bantul.

“Tak hanya pengusaha boga maupun kulier. Pengusaha pendukung seperti pengusaha persewaan tenda dan dekorasi manten terbuka lebar untuk masuk ke APJI,” tegas Istiatun yang dikenal sebagai pengusaha catering dan salon Andina ini.

Sementara Ketua Muscap DPC APJI Bantul, Suharti Sumitro mengatakan, muscab kali ini memiliki agenda yakni pertanggungjawaban pengurus lama dan pemilihan pengurus baru serta penyusunan program periode 2014-2019.

“Pengusaha yang masuk ke APJI dapat saling membangun kerja sama antara anggota lainnya. Bila mendapat job cukup banyak dan tak dapat ditangani sendiri, anggota APJI dapat mengajak pengusaha lain untuk membantu. ini sebagai salah satu keuntungan bila pengusaha menjadi anggota APJI,” tegas Suharti. (Usa)


 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply